jump to navigation

DETIL : Faktor Penting yang Kerap Terlupakan September 29, 2010

Posted by Wong Banyumas in Modifikasi Motor, News.
trackback

Tiap hari main ke bengkel modifikasi dan ngeliat modifikasi karya modifikator luar negeri, jadi nemu satu hal yang belum banyak diperhatikan oleh modifikator lokal. D.E.T.I.L.

“Wah, panganan opo iki kang?” kata temen saya yang modifikator.
“Kui dudu panganan bro, Kui inuman,” jawabku sekenanya
“Tenane, iki serius kok?” goda si modifikator lagi.
“Lho, lagian sampean sing ora serius. Mosok Detil dikiro panganan. Nek dengkil pancen panganan. Golek’en neng bakul sate, Mesti ono,” jawabku sewot..

He..he..he..percakapan itu nggak serius kok. Cuma ilustrasi, betapa masalah detil memang belum menjadi perhatian serius para modifikator lokal. Baut karatan, cat tergores atau mbleber, kabel centang perentang, dan penempatan aksesoris yang asal masih kerap ditemui. Bahkan untuk kontes bertaraf nasional sekalipun.

Beberapa builder dan modifikator beralasan bahwa detil memang tidak terlalu diperlukan karena yang penting adalah faktor function. Maslah ide dan orisinalitas juga kerap dijadikan alasan yang lebih penting dibandingkan detil-detil kecil.

Saya jadi teringat sebuah dialog dalam film Sherlock Holmes. waktu itu mas Sherlock sedang menunggu di meja makan dan temannya bersama pacarnya datang. Kiri-kira ucapan pak Holmes begini pas ceweknya bilang bahwa tidak perlu memperhatikan hal-hal yang kecil. “Justru dari detil-detil kecil itulah sebuah misteri bakal terungkap,” katanya. Ini kira-kira aja ya. Pastinya silahkan dilihat di filmynya.

Nah, di dunia modifikasi, mungkin memang bukan untuk mengungkap misteri, namun detil sangat perlu untuk meningkatkan ‘harga’ dari karya anda. Modification is about art and creativity. Jadi harus diperhatikan sampai hal yang sekecil-kecilnya sekalipun.

OK, yuk kita lihat beberapa contoh detil modifikasi luar negeri di bawah ini. Kebetulan yang saya ambil adalah si Moulin Rouge-nya Deus Ex Machina

modifikasi motorLihat kerapian pemasangan spakboard, pengelasan dan bautnya.

Nich tromol depannya bro

Las-lasannya rapiiiiihh banget

anjriiiittt, kayaknya nggak ada setitik karat ataupun debu..

Ring bautnya keren banget

Segitu dulu dech. Sebenernya Moulin Rouge dari Deus Ex Machina ini gila banget detilnya bro. Tapi gambar-gambar di atas cukup mewakili kayaknya.

Nah, mulai sekarang FOCUS ON DETIL..!!

Komentar»

1. tafridefraaz - September 29, 2010

Weh ktmu sama wong mbanyumas lagi.

Detail di dapat kalau dana mendukung.
Wong lokal kue sing penting keton apik terus murah. Jadi detailnya entar2an aja. Liat aja karya2 jatayu moto sport jakarta, rapi2 kok.

Wong Banyumas - September 30, 2010

Asiiiikk..ternyata akeh wong banyumas sing ngeblog otomotif. wah, kapan kiye bisa kodar ya kang. kayane seru kyeh. Ngko tek undang kanca2 bengkel dan modifikator ben tambah seru.
(Liat aja karya2 jatayu moto sport jakarta, rapi2 kok) He..he..he..Jatayu memang salah satu yang paling awal main modifikasi. Jadi nggak heran kalo mereka juga paling rapi sekaligus paling mahal..

2. Maskur® - September 29, 2010

resik, gawean banyumas kepriwe finishinge?

Wong Banyumas - September 30, 2010

Nek sekiye lumayan. Soale wis pada sering melu kontes neng berbagai kota. Jadi wawasannya makin berkembang. Internet juga mengilhami karya mereka menjadi semakin rapi…

3. cak poer - September 30, 2010

Salam kenal dari banyumas juga…

Sip markusip..bisa belajar banyak nih…

CP-nya WJS sapa ya bro❓

Wong Banyumas - September 30, 2010

Dua orang Bos : Uung Ferry Nurohman (Otoplus) dan Chuby (Radar Banyumas)

4. asmarantaka - September 30, 2010

iya sih..kalo modifikator sini kalo ditanya soal finishing..alesannya ngk kepegang..coz ngejar kontes..hedeehh…:mrgreen:

Wong Banyumas - September 30, 2010

Anehnya, tiap juri kontes padahal yang dilihatin juga detil. Tapi sampai sekarang belum banyak yang nyadar tuch gan..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: